Tingkatkan Layanan Hotel dengan Standar Usaha Pariwisata

Hotel Grand Orri yang beralamat di Jl. Raya Mayor Oking Jaya Atmaja No. 01 Citeureup, Bogor merupakan salah satu Hotel Bintang 3 di Kabupaten Bogor. Selain menawarkan kamar untuk menginap, Hotel Grand Orri juga menyediakan Fasilitas Meeting Room & Ballroom lengkap dengan Banquet Service yang ditawarkan.

General Manager Hotel Grand Orry, Tyas Sara mengatakan, komitmen manajemen dalam pengelolaan hotel dilakukan melalui berbagai program dan langkah strategis di internal maupun eksternal hotel agar layanan/jasa yang ditawarkan hotel ini bisa terjaga.

Langkah internal dilakukan melalui sertifikasi Hotel Bintang 3 dari lembaga yang telah terakreditasi. Juga menyelenggarakan pelatihan untuk karyawan setiap 6 bulan sekali untuk meningkatkan greetings & grooming yang lebih baik. Hotel juga selalu  menjaga kebersihan kamar dan area Hotel. Serta menciptakan rasa aman dan nyaman di area Hotel (front area – back area).

“Langkah eksternal kami lakukan dengan mengedukasi tamu bahwa Hotel Grand Orri telah lulus uji Sertifikasi Hotel Bintang 3,”ujar Tyas. Selain itu, lanjutnya, hotel juga memberikan pelayanan terbaik yang tulus terhadap tamu (Hospitality). Memprioritaskan kebutuhan tamu terkait dengan pelayanan hotel, serta menerapkan Protokol Kesehatan agar tamu tetap merasa aman dan nyaman.

“Kami mendapatkan sertifikat Usaha Pariwisata pada 1 April 2020. Sertifikasi ini guna meningkatkan rasa kepercayaan tamu terhadap Hotel Grand Orri serta agar menjadikan hotel ini menjadi pilihan utama dan terbaik yang ada di kabupaten Bogor,”jelas Tyas.

Tyas mengaku, meskipun sudah meraih sertifikasi usaha pariwisata, namun tantangannya justru adalah mempertahankan sertifikasi tersebut. Dengan adanya Sertifikasi Hotel Bintang 3 artinya Hotel Grand Orri dituntut untuk  tetap memberikan yang terbaik demi kenyamanan seluruh Tamu.

“Sertifikasi berdampak pada timbulnya kenyamanan dan kepercayaan dari Tamu terhadap Hotel. Tamu tidak ragu untuk memilih Hotel Grand Orri menjadi pilihan utama mereka untuk menginap atau melangsungkan kegiatan (baik formal maupun non-formal),”tambahnya.

Untuk lebih memantapkan layanan dan kenyamanan tamu, pihaknya juga tengah mendaftar secara online dan sedang dalam proses untuk pengajuan Sertifikasi CHSE oleh Kemenparkraf.

Tyas berharap, Hotel Grand Orri bisa memberikan dukungan pada pengembangan pariwisata di kabupaten Bogor. “Pada area lobby Hotel Grand Orri, telah tersedia peta wisata Bogor dan sekitarnya. Hal ini merupakan salah satu bentuk partisipasi Hotel guna mendukung sektor Pariwisata oleh Pemerintah. Dengan berdirinya Hotel ini dilokasi yang sangat strategis, maka wisatawan/pengunjung dengan mudah akan mendapatkan rumah singgah bagi perjalanan wisata mereka,”ujar Tyas. (DNW)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *