Komitmen sekali lagi dibuktikan sebagai kunci sukses dalam meraih eksistensi sebuah organisasi/perusahaan yang lebih besar. PT Adhya Tirta Batam (ATB) dipercaya selama 25 tahun dalam hal pengelolaan air minum di kota Batam. Dalam rentang waktu tersebut, ATB berkomitmen menjaga suplai air pada pelanggan dengan berinvestasi dalam instalasi pengolahan air, jaringan infrastruktur layanan pelanggan.
Perusahaan dengan jumlah karyawan lebih dari 700 orang tersebut, telah memiliki 290.000 pelanggan dengan cakupan layanan sebesar 99.5%, kontinyuitas aliran 23.7 jam, dan tingkat kebocoran 14%. Tidak hanya sebatas berkomitmen pada penyediaan air bersih yang berkualitas dan layanan prima bagi masyarakat , ATB juga berkomitmen untuk terus berinovasi salah satunya lewat SPARTA Smart Solution, yaitu teknologi terintegrasi untuk mengoptimalkan layanan air dengan tingkat efisiensi yang tinggi dan tingkat kebocoran air yang rendah.
Lewat komitmen untuk terus menjaga mutu serta untuk selalu berinovasi tersebut, ATB berhasil mendapatkan serangkaian penghargaan, Salah satunya meraih penghargaan platinum SNI Award tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). ATB pun semakin percaya diri dalam memainkan perannya, tidak hanya untuk mendukung perkembangan Pulau Batam sebagai daerah tujuan investasi maupun pariwisata tetapi juga bersiap untuk ATB for Indonesia.
Berbicara tentang komitmen sebuah organisasi/perusahaan tentu saja kesuksesannya terletak pada siapa yang memimpin komitmen tersebut. Berikut ini wawancara kami secara eksklusif dengan Presiden Direktur ATB, Benny Andrianto Antonius.
- Mohon dapat dijelaskan perjalanan karir Bapak hingga sukses seperti sekarang ini?
Saya lulusan Teknik Sipil UGM tahun 1988. Kemudian merintis karir didunia konstruksi bekerja di PT.Bangun Cipta Kontraktor. sejak tahun 1990 hingga 2000 membangun di Batam, seperti Pelabuhan Batu Ampar, Dam Duriangkang dan banyak proyek lainnya. Terhitung sejak tahun 2000 bergabung di PT. Adhya Tirta Batam sebagai Direktur Engineering, menjadi Vice President Direktur tahun 2009 dan Presiden Direktur tahun 2015 hingga sekarang. Menambah wawasan dengan kuliah S2 di MM- UGM tahun 2005 dan lulus dengan cum laude tahun 2008.
Terlibat dalam beberapa organisasi, sebagai Waketum di Perpamsi dan Ketua Umum di Aspasindo. Keduanya merupakan organisasi yang berkaitan dengan perusahaan pengelolaan air di Indonesia. Cukup sering diundang sebagai nara sumber baik didalam maupun di luar negeri untuk bidang yang menyangkut managemen, pengelolaan air, penurunan angka kebocoran dan system informasi. Pernah sebagai satu – satunya nara sumber dari Indonesia saat event Scada World Summit tahun 2017 Di Singapore. Bangga juga saat itu.
Tahun 2019 saya mendapatkan Paten untuk penemuan di teknologi informasi “SPARTA Smart Solution”. Teknologi ini mampu membantu meningkatkan efisiensi untuk pengelolaan air berbasis SCADA. Teknologi inilah yang juga membantu ATB menjadi perusahaan yang handal dan efisien.
- Apa kunci sukses Bapak?
Sebagai ‘Leader’ kita harus memiliki Visi yang jelas, sehingga kita dapat membuat roadmap untuk mencapai cita – cita dan harapan kita. Kita juga perlu punya Passion, Komitmen dan Dedikasi. Dengan demikian kita akan selalu peka dengan perubahan yang selalu terjadi, selalu mampu beradaptasi, dan mampu melakukan antisipasi sebelum bencana datang.
Dijaman sekarang perubahan terjadi begitu cepat. Apalagi di bidang teknologi, sehingga jangan pernah lelah untuk selalu belajar dan belajar, sehingga kita mampu selangkah lebih maju dan tidak tertinggal karena sudah kadung terlalu nyaman, atau cenderung “Take it for granted”.
Saya berpinsip selalu melakukan yang terbaik atau tidak sama sekali. Sehingga kita tidak pernah menyesal dengan hasil apapun yang akan kita peroleh. Itulah sebabnya saya tidak pernah ragu dalam membuat keputusan. Tentu setelah semua dilakukan melalui pertimbangan yang masak.
- Bagaimana prinsip bapak dalam menjalani kehidupan sehari – hari?
Hidup ini harus selalu lebih baik dari waktu ke waktu. Artinya hari ini lebih baik dari kemarin dan besok lebih baik dari hari ini. Untuk itu kita harus selalu belajar, karena pengetahuan dan wawasan mampu membantu kita untuk memecahkan masalah dan tantangan dengan baik. Kita semua harus memiliki semangat sebagai ‘Winner’ dan bukan ‘Looser’ yang cenderung mencari alasan.
- Memimpin dalam industri besar seperti ATB tentu ada tantangan tersendiri. Bagaimana kiat bapak dalam mengahadapi tantangan-tantangan tersebut?
ATB merupakan perusahaan besar tidak hanya dari sisi jumlah karyawan, akan tetapi juga dari nilai investasi. Lebih dari itu ATB juga harus memikul tanggung jawab yang sangat besar. Hal ini karena ATB merupakan satu satunya perusahaan yang bertanggung jawab untuk menyediakan kebutuhan air penduduk di pulau Batam.
Sementara pulau Batam adalah pulau yang tidak memiliki sumber air yang memadai, karena tidak ada sumur, sungai dan mata air yang secara ekonomis dan memenuhi syarat kesehatan dapat dikonsumsi langsung oleh masyarakat. Ketersediaan sumber air pulau Batam sangat tergantung dengan curah hujan yang selanjutnya ditampung dalam waduk.
Oleh sebab itu ATB dituntut agar selalu mampu memenuhi kebutuhan air bagi pelanggan dan masyarakat Batam. Dengan keterbatasan sumber daya air di Batam, maka ATB harus mampu mengolah air dengan efisien, dengan tingkat kebocoran yang rendah, sehingga air tidak terbuang sia – sia. Hal ini akan membantu mempertahankan ketersediaan air untuk waktu yang lebih panjang. Saat ini ATB dengan tingkat kebocoran 14% adalah merupakan yang terendah di Indonesia. ATB mampu membawa kota Batam menjadi kota dengan layanan air terbaik di Indonesia.
Tantangan terbesar keterbatasan sumber air baku di pulau Batam justru mampu membuat ATB menghadirkan teknologi terpadu pengelolaan air berbasis SCADA “SPARTA Smart Solution”, sehingga mampu memberikan layanan dan kepuasan pada pelanggan. Intervensi teknologi informasi mampu menjawab tantangan yang kami hadapi.
- Apa kunci strategi dalam mengelola sebuah perusahaan besar seperti ATB?
ATB sebagai perusahaan tunggal penyedia air di pulau Batam dituntut untuk mampu memberikan kualitas, kuantitas, dan kontinyuitas air yang baik bagi para pelanggan. Untuk itu dibutuhkan system yang baik dan terstandarisasi. Hal ini mendorong ATB untuk melakukan sertifikasi di berbagai bidang seperti ISO 9001, ISO 14000, ISO 17025, ISO 27001 dan masih banyak lainnya. Semua system standarisasi dimaksudkan untuk memberikan jaminan bagi pelanggan bahwa ATB secara konsisten menjalanan proses sesuai prosedur dengan tingkat kinerja yang baik.
Teknologi informasi berkembang dengan begitu pesat. Tak ada pilihan lain bagi ATB selain harus mampu beradaptasi, sehingga tetap mampu memberikan yang terbaik. Hal inilah yang membuat ATB mampu mendapatkan PATEN untuk “SPARTA Smart Solution” suatu system yang mampu membantu pengelolaan air terpadu dengan basis SCADA. Teknologi ini telah meng’aplikasi’ kan Internet of Things (IOT) yang merupakan bagian dari Revolusi Industri 4.0. System ini terbukti mampu membantu ATB menjadi perusahaan air yang efisien dengan tingkat pelayanan yang memuaskan.
- Terkait dengan SDM bagaimana strategi Bapak untuk menjadikan SDM ATB sebagai human kapital dan salah satu faktor penting bagi suksesnya tercapai visi misi perusahaan?
Kita semua butuh karyawan yang handal agar perusahaan dapat berjalan dengan baik. Tetapi kehandalan saja tidaklah cukup, tetapi setiap insan ATB juga dituntut memiliki attitude, dan komitmen yang tinggi. Disinilah pentingnya komunikasi yang baik, sehingga visi dan misi perusahaan dapat selaras dengan tugas dan tanggung jawab karyawan. Keberhasilan perusahaan mencapai tujuan sangat tergantung dari keselarasan kerja antara managemen dan karyawannya.
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, ATB secara konsiten terus melakukan peningkatan capacity building, workshop, dan training kepada seluruh karyawan. Kita sangat menyadari di jaman digital ini kerja keras saja tidaklah cukup, tetapi juga harus kerja cerdas dan kerja tuntas.
- Bagaimana Bapak mengisi waktu luang bapak untuk keluarga?
Kita sadar bahwa pekerjaan tidak pernah ada habisnya. Sebagian besar waktu habis untuk mengurus pekerjaan kantor. Untuk itu meskipun saya tidak bisa membagi waktu yang adil bagi keluarga, setidaknya meskipun sedikit saya lebih menekankan pada hubungan yang berkualitas. Saya manfaatkan saat liburan atau saat ada waktu kosong untuk bersama keluarga.
Bekerja dan bekerja sering membuat kita lupa menjaga kesehatan. Saya secara konsisten mengatur waktu untuk tetap mampu beraktifitas setidaknya 30 menit perhari. Disamping itu juga menggeluti hobby saya bersepeda dan bermain golf dengan rekan bisnis dan kolega bisnis.
- PT ATB diketahui berhasil meraih SNI Award. Apa kunci sukses meraih SNI Award?
Kunci sukses untuk mencapai prestasi ini yaitu komitmen manajemen yang kuat, strategi dan perencanaan bisnis yang tepat, komunikasi yang efektif, peningkatan kompetensi karyawan, konsistensi penerapan sistem manajemen yang relevan, dukungan semua personil dalam organisasi, penggunaan teknologi yang tepat dan efektif, dan pengalaman penerapan sistem manajemen yang ada.
Kami sangat percaya bahwa penerapan sistem manajemen sangat diperlukan sebagai langkah startegis perusahaan untuk meningkatkan daya saing dan memperbaiki kinerja proses agar lebih efektif dan efisien. “Quality is a key to the organization’s success and global recognition”.
- Apa makna SNI Award bagi Bapak?
Keberhasilan PT Adhya Tirta Batam meraih Platinum SNI Award tahun 2018 dan 2019 tentu saja sangat bermakna bagi saya baik secara pribadi maupun korporasi. Secara pribadi, tentu saja akan memberikan motivasi untuk meningkatkan kemampuan saya membawa ATB agar bisa lebih berkembang dan berperan tidak hanya di Batam, tetapi juga di level Nasional atau bahkan di tingkat Regional.
Sedangkan secara korporasi, perolehan SNI Award Platinum adalah suatu titik penting yang menunjukkan bahwa kinerja ATB telah mendapat pengakuan secara nasional, mampu sejajar dengan Perusahaan Terbuka dan Perusahaan BUMN. Dengan SNI Award ATB dapat meningkatkan daya saing lokal serta mematangkan strategi perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis secara global. Keberhasilan ini memotivasi kami untuk terus melakukan kontrol dan evaluasi kualitas produk dan pelayanan dengan ketat untuk memberikan produk dan pelayanan prima melebihi harapan pelanggan.
- Dampak apa yang terjadi kemudian setelah ATB meraih SNI Award?
Keberhasilan PT Adhya Tirta Batam (ATB) menerima SNI Award Platinum pada tahun 2018 dan 2019 mampu memberikan memotivasi seluruh personil di dalam perusahaan untuk berkomitmen dalam membangun budaya mutu, baik dalam menghasilkan produk maupun pelayanan melampaui keinginan dari pelanggan. Hal ini memacu ATB untuk menjalankan GCG dengan lebih baik, sehingga dapat menjadi “Centre of Excellence” sistem pengelolaan air minum di Indonesia.
Disamping itu perusahaan didorong untuk terus melakukan peningkatan berkelanjutan, baik dari sisi kompetensi maupun kemampuan profesional. Peningkatan inilah yang kemudian melahirkan budaya inovasi berkembang dengan pesat di ATB. “SPARTA Smart Solution” adalah merupakan bukti hasil pengembangan inovasi ATB yang kemudian mendapatkan PATEN.
- Bagaimana SNI Award bisa memotivasi pimpinan dan karyawan untuk konsisten dalam menjaga mutu kualitas produk dan layanan?
Perolehan SNI Award Platinum memberikan konsekwensi tanggung jawab moral bagi para pimpinan dan karyawan ATB. Kami didorong untuk mampu mempertahankan kinerja dengan system manajemen yang baik, sehingga tetap mampu menjaga eksistensi ATB sebagai perusahaan air terpercaya di Ind0nesia.
Kami akan terus berinovasi dan menerapkan teknologi serta standar-standar terkini guna meningkatkan kualitas produk dan layanan kami. Peningkatan kualitas produk dan layanan kami melalui penerapan sistem manajemen mutu SNI ISO 9001 yang menjadi framework bagi sistem manajemen lainnya yang relevan bagi perusahaan.
- Apa target Bapak kedepan untuk ATB ?
ATB saat ini telah menjadi perusahaan air terpercaya di Indonesia. Dan bahkan ditingkat regional. Khususnya dalam menghadirkan layanan air yang berkualitas. Program ATB selanjutnya adalah “ATB for Indonesia” . Merupakan mimpi besar agar ATB dapat ikut berkontribusi di daerah lain di Indonesia.
Kami sangat sadar bahwa layanan air di Indonesia masih jauh dari memuaskan. Dengan Paten “SPARTA Smart Solution” kami berharap ATB mampu meningkatkan dan membantu kota lain di Indonesia, sehingga layanan air menjadi semakin baik dan semakin memusakan. (IBN)